Jl. Jaksa Agung Suprapto No.20, Tlogobendung

Phone Image
Phone

(031) 3974627

PENDATAAN DAN PENATAAN ARSIP STATIS DAN ARSIP VITAL PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KAB. GRESIK


Pendataan dan Penataan di DPM dan PTSP

Arsip adalah suatu urusan yang sangat penting bagi kehidupan sehari hari. Banyak dari kita tidak akan lepas dari Arsip. Contohnya adalah ijazah kita maupun trasnkrip nilai kita. Banyak yang belum mengerti apa sih kegunaan Arsip itu?? Banyak sekali keguanaan Arsip di kehidupan sehari – hari. Lain lagi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Setiap OPD menciptkan Arsip – Arsip di lingkungannya. Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) sebagai lembaga tertinggi di Kabupaten di bawah naungan Dinas Peprustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik melalukan Pendataan dan Penataan Arsip Statis dan Arsip Vital pada OPD – OPD di Lingkungan Kabupaten Gresik.

Pendataan dan Penataan Arsip Di BKD

Berikut adalah daftar – daftar OPD yang dilakukan Pendataan dan Penataan Arsip :

  1. Dinas Penanaman Modal dan PTSP
  2. BPPKAD
  3. Badan Kepegawaian Daerah
  4. Inspektorat

 

 

 

 

Pendataan dan Penataan di BPPKAD

Lalu apakah tujuan dari diadakan kegaitan tersebut? Tujuannya adalah untuk mendataan mana – mana Arsip yang masuk kategori Arsip  musnah, kategori Arsip statis dan kategori Arsip vital. Pendataan dan Penataan ini setiap – setiap OPD membuat daftar yang termasuk kategori masing – masing. Setelah dilakukan pendataan dan penataan, jika di temukan Arsip statis maka LKD akan membawa Arsip tersebut untuk di serahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik agar di rawat dan disimpan sesuai dengan UU nomer 43 tahun 2016 dan juga JadwalPendataan dan Penataan di BPPKAD Retensi Arsip yang di buat oleh Tim Kearsipan di Lembaga Kearsipan Daerah. Selain itu ini akan memudahkan Unit Pencipta Arsip agar Ruangan Arsip atau biasa disebut dengan Record Center tidak overload saat penyimpanan  Arsip Inaktif.

Views All Time
Views All Time
51
Views Today
Views Today
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *