LATIH 18 PERPUSTAKAAN DESA TERKAIT STRATEGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN (SPP) BERBASIS TIK PERPUSDA GRESIK MENGAWALI KEGIATAN GELIAT 2018

Pelatihan GELIAT sesi 3

GRESIK, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

GErakan LIterasi untuk masyarakAT (GELIAT) Perpustakaan Desa/ Kelurahan adalah sebuah inovasi dan cara baru yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik untuk mendorong Perpustakaan Desa/ Kelurahan di Kab.Gresik agar mampu bertransformasi menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada 2018 ada 18 Perpustakaan Desa/ Kelurahan Percontohan yakni 1 Kecamatan 1 Perpustakaan Desa Percontohan.

GELIAT ini adalah rangkaian tindak lanjut dari Rakor Pengembangan Perpustakaan Literasi untuk Kesejahteraan yang telah dilaksanakan diakhir bulan Oktober lalu. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik melatih semua Perpustakaan Desa percontohan terkait strategi pengembangan perpustakaan (SPP) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pelatihan ini terbagi kedalam 4 gelombang.

Berikut ini adalah kedelapan belas Perpustakaan Desa percontohan program GELIAT tahun 2018 :

  1. Perpustakaan Desa Sidorukun Kec.Gresik
  2. Perpustakaan Desa Segoromadu Kec.Kebomas
  3. Perpustakaan Desa Karang Rejo Kec.Manyar
  4. Perpustakaan Desa Tambak Kec.Tambak
  5. Perpustakaan Desa Gunung Teguh Kec.Sangkapura
  6. Perpustakaan Desa Banyuurip Kec.Ujung Pangkah
  7. Perpustakaan Desa Pantenan Kec.Panceng
  8. Perpustakaan Desa Kalirejo Kec.Dukun
  9. Perpustakaan Desa Raci Kulon Kec.Sidayu
  10. Perpustakaan Desa Bungah Kec.Bungah
  11. Perpustakaan Desa Sukoanyar Kec.Cerme
  12. Perpustakaan Desa Kalipadang Kec.Benjeng
  13. Perpustakaan Desa Wadak Lor Kec.Duduksampeyan
  14. Perpustakaan Desa Kedung Sumber Kec.Balongpanggang
  15. Perpustakaan Desa Putat Lor Kec.Menganti
  16. Perpustakaan Desa Tulung Kec.Kedamean
  17. Perpustakaan Desa Petiken Kec.Driyorejo
  18. Perpustakaan Desa Lebanisuko Kec.Wringinanom

 

Penyerahan Simbolis 2 Unit Komputer untuk pengembangan perpustakaan desa

Selama empat gelombang pelatihan cukup menarik disini para pengelola perpustakaan dan tim di masing-masing desa saling diskusi dan belajar bersama untuk perbaikan Perpustakaan Desa masing-masing. Diakhir setiap gelombang pelatihan secara simbolis diserahkan 2 unit komputer dan kelengkapannya untuk pengembangan Perpustakaan. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik Ibu Dr.Siti Jaiyaroh, M.Pd juga memberikan semangat dan motivasi bagi para peserta agar dalam pengembangan Perpustakaan Desa masing-masing tidak dilakukan sendiri akan tetapi dengan mengajak stakeholder di desa. Perpustakaan di Desa keberadaanya sangat penting agar kualitas SDM di Desa juga meningkat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik tentunya sangat berharap kedelapan belas Perpustakaan Desa akan menjadi rujukan pengembangan perpustakaan dimasing-masing kecamatan serta dapat berkembang untuk melayani masyarakat di desa dalam peningkatan kualitas hidup dan taraf ekonomi masyarakat. Perpustakaan Bisa,, salam literasi. (Asa/Perpussip Gresik)

Views All Time
Views All Time
77
Views Today
Views Today
3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *