GANDENG PKK KABUPATEN PERPUSDA GRESIK BERSAMA PERPUSDA PROVINSI JAWA TIMUR GELAR TALK SHOW GEMAR MEMBACA DI KABUPATEN GRESIK

Talk Show Gemar Membaca Kabupaten Gresik

GRESIK, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur menggandeng PKK Kabupaten Gresik menggelar acara Talk Show Gemar Membaca dalam rangka Promosi Perpustakaan di Jawa Timur. Talk Show ini mengambil tema “Peran Keluarga dalam Pembudayaan Gemar Membaca di Kabupaten Gresik”.

Talk Show Gemar Membaca ini berlangsung di Ruang Rapat PKK Kawasan Pendopo Kabupaten Gresik. Ada tiga orang pembicara pertama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, kedua Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ibu Dr.Siti Jaiyaroh, M.Pd, ketiga Pakar Literasi Universitas Brawijaya Malang Bapak Moch.Khoiri. Hadir dalam pembukaan Ibu Sambari Halim Radianto.

Dalam paparanya Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten yang diwakili Ibu Nadlif menyampaikan bahwa peran keluarga dalam pembudayaan gemar membaca sangat penting, diantaranya dapat dilakukan dengan berbagai tindakan kecil seperti membaca surat kabar dijadikan kebiasaan rutin keluarga, rajin membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur, Menghias Kamar anak dengan gambar kesukaan anak dan sediakan buku anak. “Tindakan lain yang dapat dilakukan membuang sampah pada tempatnya,”ujarnya di hadapan peserta talk show.

Talk Show Gemar Membaca

Ibu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam paparanya menyampaikan beberapa hal yang menarik diantaranya berbagai kegiatan untuk mendorong gemar membaca pada anak dan keluarga. Perpustakaan Kabupaten Gresik memiliki layanan anak, Layanan Mobil Pintar, Layanan Audio Visual Mendongeng, ada lomba bercerita bagi pelajar SD/ MI, Rumah Baca Bermain Anak (RBBA) dan Pusmintali (Perpustakaan Mini Kota Wali) di Ruang Publik Kabupaten Gresik. Semua dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis tanpa biaya, Ibu Kadis Perpussip juga menyampaikan agar informasi ini disebarkan oleh PKK kepada masyarakat.

Bapak Moch.Khoiri sebagai pembicara utama menyampiakan banyak hal yang menarik diantaranya bahwa pembudayaan gemar membaca memang dapat dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan diantarnya Orang Tua memberi keteladanan dalam kebiasaan membaca seperti surat kabar, menentukan waktu dan tempat yang menyenangkan dikamar belajar atau taman. Dalam sesi diskusi dan Tanya jawab para peserta sangat antusias bertanya terkait peran keluarga dalam membudayakan membaca dan kader PKK siap mendukung dan bergandeng  tangan untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan gemar membaca di Kabupaten Gresik. (Asa/Pelayanan dan Informasi)

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *