PERPUSTAKAAN DI KABUPATEN GRESIK RAIH JUARA TERBAIK SE-JAWA TIMUR

Inovasi Karak Perpustakaan SMAN 1 Manyar

GRESIK, DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik terus berbenah dalam upaya meningkatkan minat baca dan menciptakan budaya baca di kalangan pelajar dan masyarakat umum. Salah satunya dengan membina Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa agar dapat tergali inovasi dan kreativitas lembaga Perpustakaan di Kabupaten Gresik dalam melayani masyarakat penggunya. Mengadakan perlombaan Perpustakaan juga telah menjadi salah satu kegiatan utama.

Pada pertengahan tahun 2018 Perpustakaan di Kabupaten Gresik kembali meraih prestasi Perpustakaan Rumah Pelangi Desa Suci Kecamatan Manyar Gresik meraih Juara Terbaik Kedua pada Lomba Perpustakaan Desa/ Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Prestasi Perpustakaan Rumah Pelangi Desa Suci Manyar ini adalah prestasi kedua setelah tahun 2017 meraih predikat yang sama. Perpustakaan Rumah Pelangi juga menjadi satu-satunya Perpustakaan Desa di Indonesia yang berhasil meraih nilai akreditasi terbaik A.

Perpustakaan Rumah Pelangi berlokasi di Jalan KH.Syaifi’I No.80 Suci Manyar, Perpustakaan ini cukup menarik tata ruangnya dan memiliki beberapa layanan untuk masyarakat desa Suci dan sekitarnya ada Layanan Komputer dan Internet, Layanan anak, Layanan Refensi. Ada pula berbagai kegiatan-kegiatan yang rutin diadakan diantaranya Kelas Bahasa Inggris untuk Pelajar SD, Kegiatan Keterampilan.

Tak berselang lama Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar Gresik menyusul dengan menjadi Juara Pertama dalam Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur dan akan maju ke tingkat Nasional.

Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar memiliki satu keunggulan yang tidak dimililki oleh finalis lain di Jawa timur yaitu Karak (Pustakawan Bergerak). Karak ini berupa Mobil Mini Perpustakaan Keliling dan Bercerita, tujuannya untuk melayani masyarakat dilingkungan luar sekolah dengan cara mendatangi masyarakat atau pusat keramaian seperti di Taman Kota, Lembaga Pendidikan sekitar sekolah maupun tempat publik lain.

Sebagai informasi Perpustakaan Sekolah SLTA di Kabupaten Gresik pernah menjadi Juara Nasional tahun 2015 silam yang diwakili oleh “Kebun Buku Library” SMA NU 1 Gresik. Harapan Kita semua Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar Gresik akan dapat mengulang prestasi tersebut di tingkat Nasional.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik kedepan akan terus mendorong agar Perpustakaan-Perpustakaan di Gresik bisa berkualitas baik, berprestasi dan dapat melayani masyarakat penggunanya dengan baik serta memuaskan. (Asa/Pelayanan dan Informasi)

Views All Time
Views All Time
94
Views Today
Views Today
1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *